Hal Yang Wajib Diketahui Dalam Wing Chun

Wing Chun yang sering di eja sebagai Ving Tsun atau Wings Tsun ini adalah seni bela diri yang berasal dari Cina. Bela diri satu ini merupakan spesialis bela diri dalam pertarungan jarak dekat. Bela diri satu ini mulai terkenal dimasyarakat pada masa berjayanya seorang “Bruce Lee” dan juga “IP MAN” . Dua sosok yang terkenal ini membawa kesenian Wing Chun pada dunia melalui film-filmnya.

Untuk sejarah Wing Chun lebih banyak diceritakan turun temurun dari guru ke murid. Tidak ada catatatan resmi mengenai siapa dan kapan diciptakannya. Tetapi, menurut versi IP MAN, dikatakan bahwa Wing Chun diciptakan oleh seorang pendeta wanita “Ng Mui” pada masa kekaisaran Yung Cheng I berkuasa (1723-1736).

6 Tahapan Dalam Wing Chun

Ada beberapa tahapan untuk belajar bela diri Wing Chun, dari tahapan mendasaar hingga menjadi master Wing Chun. Inilah beberapa tahapannya :

1.Siu Nim Tao
2.Chum Kiu
3.Biu Chee
4.Mok Yan Cong)
5.Suang Hu Tie Duan Jian
6.Cang Gun

Ketika anda ingin belajar Wing Chun, dapat dipastikan terlebih dahulu anda memenuhi suatu tingkatan atau tahapan belajat Wing Chun. Agar nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cidera ringan

.

Teknik Dalam Wing Chun

Dalam Wing Chun ada 2 teknik, yaitu Tendangan dan Pukulan.
1.Tendangan
Dalam Wing Chun bisa dilihat dalam jurus Chum Kiu dan juga Mok Yan Cong, sesuai dengan aliran Wing Chun yang dipelajari. Biasanya untuk pemula diajarkan tendangan mendasar terlebih dahulu. Untuk tendangan biasa di lakukan dibagian bawah pinggang dan ada juga yang pengaplikasiannya dibagian tendangan-tendangan yang tinggi.

2.Pukulan
Seorang atlit Wing Chun atau seseorang yang sedang mempelajari Wing Chun Harus belajar pola tengah tubuh. Karena, teknik pukulan selalu mengacu pada titik tengah tubuh. Prinsip utamanya sendiri adalah memukul dan menahan serangan secara bersamaan. Pukulan ini biasa dilakukan dalam posisi siku turun dan pukulan yang tepat ditengah tubuh.

Berbagai Jurus Dalam Wing Chun

SIU NIM TAO merupakan jurus dasar dari keseimbangan dengan melatih struktur dalam tubuh. Banyak orang yang sudah mempelajari ilmu ini mengibaratkan seperti 26 huruf alfabet yang harus dipelajari sebelum belajar membaca sebuah novel. Atau dalam islam seperti 28 huruf hijaiyah yang harus kita pelajari sebelum mulai membaca al quran.

CHUM KIU jurus ini memiliki 2 point penting yaitu : Menghindari serangan dengan berputar , memulihkan posisi keseimbangan tubuh atau menjaga kestabilan tubuh. Jurus ini mengajarkan praktisi Wing Chun untuk menggunakannya di berbagai kondisi dan situasi.

BIU JEE mrupakan jurus ketiga, yang didalamnya menggabungkan teknik ekstream jarak jauh dan dekat. Jurus ini tidak boleh asal dikeluarkan, karena sangat berbahaya.

MOK YAN CONG yang memiliki 116 teknik untuk pengaplikasian terhadap boneka kayu. Cara ini populer pada masa IP MAN, yang awalnya hanya memiliki 108 teknik Muk Yan Cong, namun, karena adanya penambahan tendangan ,jadi jumlah itulah meningkat jadi 116 buah. Jurus ini mengacu pada lengan, kaki dan tangan.

SENSITIVITAS DALAM Wing Chun ini juga sangat penting, karena latihan ini mempunyai fungsi untuk merasakan energi lawan, mencari kelemahan serta merusak keseimbangan juga. Selain itu, inti dari sensitivitas juga dapat menjebak serangan lawan.

JURUS SENJATA biasa dikenal dengan sebutan senjata pedang kupu-kupu. Disini teknik dan posisi adalah 3 hal yang difokuskan, hanya saja ada pengubahan gerakan kaki dan tangan daari teknik sebelumnya. Ini disebakan praktisi memegang 2 pedang.

Manfaat Wing Chun Untuk Tubuh

Setiap olahraga bela diri pasti memiliki manfaat untuk tubuh kita. Seperti Wing Chun juga memiliki berbagai manfaat, diantaranya : a) Meningkatkan sensitivitas dan refleks, b) Melatih pernapasan, maka dapat meningkatnya asupan oksigen dalam tubuh dengan baik, c) Mengajarkan kita fleksibilitas, relaksasi serta menghemat energi.

Tujuan Wing Chun Yang Dapat Dimiliki

Selain untuk membela diri, tujuannya juga untuk melatih kesadaran dalam tubuh kita bagaimana caranya kita menjaga tubuh agar tetap seimbang dan juga selalu stabiil dalam keadaan kondisi apapun.
Nah, tadi sedikit ilmu yang bisa dibagikan kepada anda. Bagi pemula, disarankan berhati-hati, karna di awal pelatihan kadang terdapat sedikit cedera. Selamat mencoba !!!