Mengulik Kesenian Pencak Silat

Pencak Silat atau lebih sering dikenal dengan kata “ Silat” ini, merupakan salah satu kesenian tradisional yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Kata “Silat” itu sendiri merupakan salah satu istilah yang sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara. Tak hanya di Indonesia, pencak silat ini juga sudah sangat menyebar di berbagai negara di dunia. Contohnya : Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Meski demikian, setiap negara punya penyebutan nama masing-masing untuk kesenian bela diri yang satu ini. Yakni, negara Malaysia dan Singapura menyebutnya ( Gayong dan Cekak), Thailand menyebutnya dengan ( Bersilat). Sedangkan Filipina menyebutnya dengan (Pasilat).

Di berbagai daerah yang ada di Indonesianya pun, banyak sekali untuk penyebutannya. Ada yang menyebut kesenian ini dengan istilah Silek& Gayuang, Bersilat, Penca, Mancak, Encak, dan Mpaa Sila.

Sejarah Silat Yang Harus Di Ketahui

Sejarah silat ini sudah mulai ada sejak zaman kerajaan sampai zaman pendudukan Jepang. Namun, lebih dikenal oleh masyarakat sedak adanya zaman penjajahan Belanda dan juga zaman kemerdekaan. Selain untuk bela diri, silat ini sendiri merupakan salah satu seni budaya yang terus dilestarikan hingga saat ini. Tak pelak, kesenian ini menjadi salah satu kesenian yang mungkin banyak diajarkan dalam kegiatan tambahan atau ekstrakulikuler di berbagai sekolah.

Tanggal 11 Maret 1980 menjadi peresmian didirikannya organisasi pencak silat yang bernama “Persatuan Pencak Silat Antarbangsa” atau lebih dikenal dengan Persilat. Penggagasnya Ialah Eddie M. Nalapraya dari Indonesia, yang sebelumnya menjabat sebagai ketua IPSI ( Ikatan Persatuan Silat Indonesia).

Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan negara yang menghadiri acara tersebut adalah negara : Malaysia, Singapura, maupun Brunei Darussalam.

Inilah organisasi silat yang masih berdiri di berbagai negara :

• IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indoonesia)
• PESAKA : Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia)
• PERSIS ( Persekutuan Silat Singapore)
• PERSIB ( Persekutuan Silat Brunei Darussalam)

Macam-Macam Teknik Pada Silat

Teknik yang harus kalian kuasai adalah teknik sikap dasar dari pencak silat. Sikap ini dilakukan untuk melatih otot-otot pada tungkai. Sikap ini terbentuk sebagai pondasi utama untuk pembentukan gerak teknik ke tahap selanjutnya.

Tekni dan Sikap dasar ini meliputi : Sikap Hormat, Sikap Tegak, Sikap Duduk, Sikap Pasang, Sikap Kuda-Kuda, Teknik Arah, Teknik Tendangan, Teknik Pukulan, Teknik Tangkisan, Teknik Kuncian, Teknik Guntingan.

Apa Saja Isi Yang Terdapat Didalam Sikap Tersebut?

Sikap Hormat dan Tegak

Posisi dimana kita harus menghormati musuh, yakni dengan posisi berdiri tegak, badan tegap diikuti kaki rapat serta tangan berada didepan dan pandangan menghadap kearah atas.

Sikap Duduk

Dasar dari sikap duduk ini, terbagi atas 4 sikap, diantaranya :
a)Sikap Sila
b)Sikap Duduk
c)Sikap Simpuh
d)Dan Sikap Sempok atau Dempok

Sikap Pasang

Tahap ini merupakan sikap awal yang bertujuan untuk melakukan serangan maupun pembelaan. Sikap ini juga terbagi atas 4 pasang sikap, Yaitu : Sikap Pasang Satu, Sikap Pasang Dua, kemudian Sikap Pasang Tiga, dan terakhir Sikap Pasang Empat.

Sikap Kuda-Kuda

Kata “Kuda-Kuda” yang berarti posisi kaki menyerupai menunggang kuda adalah posisi terpenting pada kesenian bela diri ini. Dimana posisi tumpuan kaki ini ditujukan untuk melakukan sikap pasang. Ada 5 posisi kuda-kuda dalam pencak silat.
Diantaranya : a)Posisi Kuda-Kuda Tengah, b)Posisi Kuda-Kuda Samping, c)Posisi Kuda-Kuda depan, d)Posisi Kuda-Kuda Belakang, e)Posisi Kuda-Kuda Silang.

Teknik Arah
Teknik ini berhubungan dengan kemana arah pesilat akan melangkah, baik dalam menyerang maupun bertahan. Istilah ini dikenal dengan 8 arah penjuru mata angin

Teknik Tendangan dan Pukulan
Teknik ini adalah teknik dasar untuk menyerang dari berbagai sudut dengan menggunakan tendangan lurus, tendangan samping ,endangan telapak kaki, maupun pukulan lurus, tegak sampai melingkar.

Teknik Kuncian dan Guntingan
Ini merupakan teknik dasar untuk mengunci lawan agak tidak bergerak dengan cara tendangan dan jepitan seperti menggunting bagian tubuh lawan sekaligus mengunci.

Adakah Tujuan Dari Kesenian Olahraga Ini?

Pencak Silat memiliki beberapa tujuan , yaitu :

•Pengembangan pendidikan mental spiritual
•Pengembangan aspek bela diri
•Pengembangan seni
•Pengembangan olahraga
•Pengembangan pendidikan

Nah, itulah tadi sekilas mengenai kesenian yang masih dilestarikan di Indonesia. Semoga dapat membantu kegiatan belajar kalian sebagai pemula dalam kesenian bela diri satu ini ya.