Fakta Menarik Tentang Petchmorakot, Juara Muay Thai

Patch Morakot Petchyindee Academy merupakan salah satu dari atlet Muay Thai terbaik di dunia. Dalam ajang bertajuk ONE: NO SURRENDER, pria yang berusia 26 tahun ini mempertahankan sabuk Juara Dunia ONE Featherweight Muay Thai dengan menghadapi Yodsanklai “The Boxing Computer” IWE Fairtex. Yang merupakan seorang legenda yang telah memenangi berbagai kejuaraan dunia.

Ajang yang sebelum nya diadakan di Bangkok, Thailand tersebut menjadi salah satu ajang penutup dari trilogi epik yang telah melahirkan banyak sekali bintang beladiri yang baru. Kemenangan besar di ajang ONE: A NEW BREED III akan menjadi cara tersendirinya untuk mencapai tujuan tersebut.

Fakta Menarik Tentang Petchmorakot, Juara Muay Thai

Namun, hal itu tidak akan mudah karena Petchmorakot menghadapi seorang Juara Dunia Lion Fight Magnus “Crazy Viking” Andersson, yang memiliki sebuah kemampuan, kekuatan pencetak KO, serta mempunyai beberapa keunggulan seperti halnya tinggi badan 4 sentimeter, yang menjadikannya pria tertinggi yang pernah dihadapi oleh Petchmorakot di dalam ajang ONE. Keduanya memiliki motivasi untuk meninggalkan ibukota Thailand dengan mengantongi hadiah terbesar. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Petchmorakot, yang merupakan Juara Muay Thai.

Menorehkan 160 kemenangan di Muay Thai dan Kickboxing

Sejak dirinya memulai karier bela diri yaitu pada tahun 2010 lalu, ia telah berhasil melakoni 198 laga, dengan 160 diantaranya berakhir dengan sebuah kemenangan. Pernah mengalahkan atlet legendaris Saenchai, Pada Oktober 2014 Petchmorakot juga berhasil mengejutkan dunia setelah mengalahkan Saenchai, seorang legenda yang telah berhasil menorehkan 299 kemenangan dalam sepanjang kariernya.

Tumbuh dalam kemiskinan

Tumbuh dalam sebuah kemiskinan yang ekstrim dan sempat menjadi seorang pemulung di situs s128 terpercaya, Petchmorakot berasal dari Ubon Ratchathani, Isan daerah yang berada di utara Thailand, dan dirinya harus bertahan dari kemiskinan dengan menjadi seorang pemulung.

Mulai latihan Muay Thai saat berusia 9 tahun

Demi mendukung sebuah kondisi keuangan keluarga, Petchmorakot mulai berlatih Muay Thai pada saat usianya masih belia yaitu 9 tahun. Di negaranya, Muay Thai merupakan sebuah olahraga yang sangat digandrungi dan kerap kali dijadikan sebagai sebuah mata pencaharian. Oleh karena itu, ia menganggap Muay Thai bisa memberi sebuah jalan bagi keluarganya untuk dapat keluar dari kemiskinan.

Mulai terpikat setelah meraih kemenangan perdana

Sepekan setelah dirinya berlatih, ia kemudian langsung menjalani sebuah laga dan setelah mendapatkan sebuah hasil positif, gairahnya terhadap olahraga kombat pun semakin bertumbuh. Kemudian Petchmorakot bergabung dengan Petchyindee Academy pada tahun 2012. Setelah lama malang melintang dalam olahraga ini, Petchmorakot kemudian bergabung dengan Petchyindee Academy pada tahun 2012, yang merupakan salah satu sasaran atau academy pelatihan terbaik yang ada di negeri gajah putih. Ikatan mereka masih berlangsung hingga saat ini.

Memiliki gelar sarjana dalam teknik mesin

Selain dirinya cerdas dalam bertarung, Petchmorakot juga memiliki kecerdasan di dalam bidang akademiknya. Buktinya, dirinya memiliki gelar dalam bidang teknik mesin.

Juara nasional Muay Thai dalam dua divisi

Selain dirinya telah berhasil menjadi Juara Dunia ONE Featherweight Muay Thai, ia juga merupakan Juara yang ada di dalam divisi super-lightweight dan middleweight yang ada di Thailand.
Juara Dunia Muay Thai MWC

World Muay Thai Council (WMC) merupakan sebuah organisasi tertua dan juga merupakan organisasi terbesar yang menaungi olahraga Muay Thai. Lumpinee Stadium merupakan sebuah arena legendaris bagi setiap atlet Muay Thai yang ada. Mampu menjadi juara di sana merupakan sebuah pencapaian yang sangat tinggi, dan Petchmorakot mampu memenangi gelar sebanyak dua kali di sana.

Persahabatan Petchdam Dan Petchmorakot

Petchdam dan Petchmorakot bersahabat dan seperti saudara kandung dari lain ibu, dan kami sangat mengetahui satu sama lain luar dan dalam, seperti yang diungkapkan oleh Petchmorakot. Mereka telah bersama sejak masih muda, dan datang dari kota yang sama. Kami berbicara dan bermain setiap hari juga berbagi makanan dan apapun yang tidak dimiliki satu sama lain.

Semua orang mengetahui mereka saling menyayangi. Walau mereka bukan saudara biologis, mereka menyayanginya seperti saudara kandung satu sama lain. Petchmorakot yang seperti kakak selalu memberi saran yang baik. Ia dirinya juga memimpin Petchdam ke arah yang benar dan selalu memberi tahu apa yang baik dan juga buruk, apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Petchmorakot Raih Gelar ONE Featherweight Muay Thai World Championship

Petchmorakot yang berhasil meraih kemenangan atas Pongsiri dalam laga utama ONE Championship: Warrior’s Code, yang di lakukan di Istora Senayan. Pertandingan berlangsung sengit selama 5 ronde dan harus ditentukan lewat perolehan angka. Petchmorakot dari awal sudah tampil dominan dengan beberapa pukulan, sikutan serta tendangan lutut yang diberikan kepada Pongsiri. Pongsiri pun harus mengakui keunggulan dari Petchmorakot dan merelakan gelar ONE Featherweight Muay Thai World Championship kepada Petchmorakot.

Petchmorakot Tinggalkan Jakarta Dengan Sabuk Juara Dunia

Sejak ronde pertamanya, atlet berusia 25 tahun ini menyerang sangat aktif, memanfaatkan gerakan stagnan dari Pongsiri yang melaju untuk dapat menekan lawan dan juga mengincar satu pukulan keras. rentetan serangan pun juga dilemparkan oleh Petchmorakot. Mulai dari pukulan jab-straight, serangan sikut sampai dengan tendangan round-house kick yang khas dari para atlet Petchyindee Academy.

Namun beberapa kali Pongsiri yang masih mampu mendaratkan tendangan kaki kanan di kepala atlet asal Ubon Racthathani, Thailand tersebut. Pada stanza kedua, Pongsiri yang beberapa kali mampu menangkap teep yang hendak dilayangkan kepada Petchmorakot, dan lanjut menyerang balik dengan melakukan pukulan hook ketika rivalnya melepaskan tendangan.

Memasuki ronde ketiga, Petchmorakot yang mengubah strategi pertandingannya dengan pukulan jab-jab menjadi sebuah serangan pembuka. Ia lantas melanjutkannya dengan menggunakan kombinasi serangan lutut, sikut serta tendangan melakukan roundhouse kick. Memanfaatkan kemampuan footwork yang dimiliki, ronde ini juga sangat jelas dimiliki Petchmorakot.

Petchmorakot Berharap Menjadi Legenda

Satu bulan setelah Petchmorakot menjadi seorang Juara Dunia, ONE harus menunda semua ajang karena pandemi global COVID-19. Yang berarti, sang juara bertahan tersebut tidak bisa berlatih dengan atlet lain, meskipun ia tetap bertekad untuk menjaga kondisi fisik dan terus mempertajam tekniknya. Dengan pola pikir tersebut, atlet asal Bangkok tersebut berlatih berlari sejauh 5 kilometer setiap pagi, mejaga berat badan, dan juga berlatih dengan samsak besar untuk memastikan diri siap mempertahankan sabuknya.

Kesempatan tersebut pun datang pada akhir juni lalu saat ia mendapatkan tawaran mempertahankan sabuk untuk pertama kalinya di Thailand dengan menghadapi ikon sejati dari Muay Thai – dan ia pun menyambutnya dengan suka hati.

Demikian itulah beberapa fakta menarik dari Petchmorakot seorang atlet Thailand dengan segudang gelar juara. Petchmorakot juga dikenal sebagai salah satu atlet Muay thai yang baik dan bersahaja. Gelar juara milk Petchmorakot pada saat ini masih dipegang oleh nya.