Seni Bela Diri Khas Indonesia

Seni bela diri adalah suatu ciri khas, dan juga identitas dari negara tersbut. Seni bela diri yang kita ketahui sekarang banyak sekali macamnya seperti Karate, Taekwonod, Kung Fu, Muay Thai, Pencak silat dan masih banyak lainya. Kita sering mendengar beberapa seni bela diri tersebut dari film bahkan juga kejuaraan. Tapi apakah anda tahu seni bela diri khas indonesia?. Indonesia sendiri yang terkenal dengan berbagai macam kebudayaannya, mempunyai banyak sekali seni bela diri dari berbagai daerah. Seni bela diri tradisional yang tidak kalah tangguh dari juris-jurus bela diri luar negri tentunya.

Seni Bela Diri Tradisional Khas Indonesia

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa seni bela diri tradisional khas indonesia. Karena, sudah sepatutnya kita sebagai orang indonesia mengetahui berbagai macam kesenian yang ada di indonesia. Umumnya seni bela diri ini sudah banyak sekali yang hilang dan tidak diteruskan, padahal seni bela diri tersebut adalah situs agen sbobet terpercaya danĀ  warisan nenek moyang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan. Berikut ini seni bela diri tradisional khas indonesia.

1. Pencak Silat

Untuk anda orang indonesia pasti sudah tidak asing dengan seni bela diri yang satu ini. Yap, pencak silat. Pencak silat sendiri adalah seni tradisional asli khas indonesia. Asal mulanya pencak silat ini berasal dari salah satu budaya melayu dari wilayah pesisir Sumatra dan juga semenanjung Malaka. Penyebaranya ke nusantara saat itu juga dipengaruhi oleh ulama-ulama dan wali yang sering menggunakan seni bela diri ini sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan agama islma, pada abad ke 14. Sekarang seni bela diri ini tidak hanya dikenal di indonesia saja, melainkan sudah menyebar ke seluruh dunia. Dan bahkan ada 33 organi pencak silat yang berada di dunia. Selain itu juga, Pencak silat sendiri sekarang sudah menjadi salah satu cabang olahraga resmi dalam pertandingan SEA Games. Sekarang juga di indonesia sudah didirikan beberapa federasi tentang pencak silat nasional Eropa, yang membuktikan juga bahwa seni bela diri tradisional khas indonesia ini tidak hanya diminati di indonesia melainkan di dunia. Seni bela diri pencak silat sekarang biasanya digunakan sebagai salah satu olahraga.

2. Silek Minangkabau

Daerah Minangkabau sendiri juga mempunyai seni bela diri tersendiri yang bernama Silek Minangkabau atau Silat Minangkabau. Seni bela diri ini asalnya dari Sumatera Barat dan kesenian bela diri ini diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan sekarang menjadi kesenian bela diri yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat Minangkabau sendiri mempunyai kebiasan merantau sejak dulu. Sehingga untuk urusan menjaga diri selama di perjalanan dan di daerah perantauan, maka Silek Minangkabau ini akan menjadi salah satu senjata perlindungan diri. Jika kalau-kalau di serang oleh orang jahat. Biasanya anak-anak muda akan dibekali seni bela diri tersebut dari dasar.

3. Tarung Drajat

Tarung Drajat sendiri pertama kali dikenalkan oleh Achmad Drajat di tahun 1960an saat itu di Bandung. Teknik bela diri dalam tarung drajat adalah teknik bertarung uang Ia kembangan sendiri dari pengalaman menjadi petarung di jalanan. Teknik beladiri yang menggunakan full body contact alis menggunakan sentuhan anggota tubuh secara penuh berperan dalam seni bela diri ini. Pada tahun 1998, Tarung Derajat akhirnya resmi menjadi salah satu olahraga nasional, dsn iiga digunakan sebagai salah satu pelatihan dasar di TNI Angkatan Darat. Bela diri ini pada dasarnya menekankan pada serangan yang cukup agresif seperti halnya memukul menendang, serta teknik bantingan, sapuan kaki dan kunciaan. Bela diri Tarung Drajat ini sekarang juga sudah menjadi salah satu olahraga yang berada di SEA Games sejak tahun 2013. Anda tertarik untuk mempelajari seni bela diri ini?.

4. Cimande

Silat Cimande adalah salah satu seni bela diri dengan aliran pencak silat tertua yang ada di indonesia. Konong untuk seni bela diri ini awalnya diciptakan oleh seorang kyai yang bernama mbah Kahir. Pada sekitaran tahun 1760. Mbah Kahir, memperkenalkan seni bela diri ini kepada murid-muridnya. Karena itulah ia dianggap sebagai salah satu guru silat Cimande pertama. Murid-murid yang diajarkan seni bela diri ini, kemudian menyebarkan silat Cimande ke berbagai wilayah yang ada di indonesia. Bahkan seni bela diri ini sekarang sudah menyebar juga ke berbagai tempat di luar negri. Menjadi salah satu identitas diri dari bangsa indonesia.

5. Perisai Diri


Perisai diri diriman di tanggal 2 juli 1955 di surabaya pada okeh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo yang pada saat itu merupakan putrs bangswan Kraton Paku alam. Teknik silat yang terdapat pada beladiri Perisai diri ini mengandung 156 aliran silat dari berbagai daerah yang ada di indonesia serta juga ada tambahan aliran Shaolin dari Tiongkok. Teknik silat yang ada pada seni bela diri Perisai Diri mengandung 156 aliran silat yang terdiri dari berbagai aliran Shaolin dari Tiongkok. Para pesilat yang akan mempelajari seni bela diri ini pastinya akan diajarkan teknik bela diri yang sangat efektif hanya dengan tangan kosong maupun senjata. Seni bela diri ini juga sekarang sudah resmi diakui dan secara resmi juga IPSI atau ikatan pencak silat indonesia mengakui bela diri ini. Perisai diri juga mendapatkan penghargaan sebagai predikat Perguruan Historis karena merupakan salah satu kesenian bela diri yang berperan sangat besar bagi sejarah terbentuknya IPSI di indonesia.

6. Bakti Negara

Di provinsi Bali sendiri ada aliran perguruan pencak silat yang disebut dengan Bakti Negara. Seni bela diri yang satu ini menggunakan sebuah ajaran Hindu bali dan juga filosofi yang ada di indonesia. Bakti negara sendiri dibentuk pertama kali pada tanggal 31 Januari tahun 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar Bali saat itu oleh para mantan pejuang kemerdekaan indonesia di Bali. Mereka diantaranya yaitu Anak Agung Meranggi, Tokir, Empu Dwi Tantra, Ida Bagus Oka dewangkara. Dalam gerakan dari Bakti Negara sebenarnya mirip seperti tarian bali namun sangat mematikan untuk lawan.

Itulah beberapa sebagian dari seni bela diri yang ada di indonesia. Hanya sebagian kecil dari banyaknya seni bela diri yang anda di indonesia. Semua itu membuktikan bahwa bangsa indonesia sangat kuat dengan kesenian bela dirinya . Namun sayang, sekarang ini banyak dari seni bela diri yang perlahan sudah hilang dimakan zaman karena tidak adanya penerus. Padahal kesenian ini juga menjadi satu warisan yang seharusnya kita jaga. Selain itu juga seni bela diri berguna dan mempunyai banyak sekali manfaat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda terhadap seni bela diri tradisional yang ada di indonesia.